TTS Nama-nama kerajaan Hindu-Budha di Indonesia

Teka Teki Silang ini bisa digunakan untuk media pembelajaran atau belajar yang menyenangkan bidang studi IPS / sejarah SMP. Caranya tinggal klik di kotak TTS interaktif dan jawab di kolom yang sudah disediakan. 


TTS Nama-nama Kerajaan Hindu-Budha di Indonesia

TTS Nama-nama Kerajaan Hindu-Budha di Indonesia

tekatekisilangmu.blogspot.com

This interactive crossword puzzle requires JavaScript and a reasonably recent web browser, such as Internet Explorer 5.5 or later, Netscape 7, Mozilla, Firefox, or Safari. If you have disabled web page scripting, please re-enable it and refresh the page. If this web page is saved to your computer, you may need to click the yellow Information Bar at the top of the page to allow the puzzle to load.

Mendatar


2. Kerajaan yang didirikan oleh Airlangga yang kemudian terpecah menjadi dua kerajaan : Kerajaan Jenggala dan Panjalu (Kediri)
6. Pusatnya berada di daerah Mojokerto, Raja pertamanya adalah Raden Wijaya. Raja yang terkenal adalah Hayam Wuruk dengan Adipati Gajah Mada yang menyatakan Sumpah Palapa dengan mempersatukan seluruh Nusantara. Prasasti dari kerajaan ini adalah Prasasti Sukamerta, Kudadu, Canggu, Waringin Pitu dan Karang Bogem.
7. Terbagi menjadi dua wangsa yaitu : Sanjaya dan Syailendra. Pada masa kerajaan ini didirikan candi Borobudur. Prasasti yang ditemukan adalah : Prasasti Klurak, Mantyasih, Kalasan dan Canggal.
9. Kerajaan ini terletak di Jawa Barat. Raja pertama kerajaan ini adalah Prabu Siliwangi. Prasasti yang ditemukan adalah prasasti Batu Tulis.

Menurun

1. Pusat kerajaan di Palembang dan merupakan kerajaan yang menganut agama Budha, Raja terkenal adalah Balaputradewa. Termasuk kerajaan Maritim dengan prajurit yang kuat. Prasasti yang ditemukan antara lain : Prasasti Ligor, Telaga Batu, Kota Kapur, Karang Berahi dan Kedukan Bukit.
3. Nama lainnya adalah Panjalu / Daha dan pusat kerajaan terletak di Jawa Timur. Raja terakhir yaitu Raja Kertajaya, prasasti dari kerajaan ini adalah Prasasti Banjaran, Jepun, Talan dan Hantang.
4. Terletak di Jawa Timur, Didirikan oleh Ken Arok dan raja terakhir yaitu Kertanegara. Prasasti yang ada adalah Mula Malurung, Manjusri dan Wurare.
5. Kerajaan ini berlokasi di Jawa Barat, Raja yang terkenal adalah Raja Purnawarman, Prasasti yang berasal dari kerajaan ini adalah : Prasasti Tugu, Kebun Kopi, Jambu, Muara Cianten dan Ciaruteun
8. Kerajaan pertama di Nusantara yang terletak di Kalimantan Timur. Termasuk kerajaan Hindu. Raja pertama bernama Kudungga dan Raja yang terkenal adalah Mulawarman. Sejarah kerajaan bisa diketahui dari prasasti Yupa.

Comments

Popular posts from this blog

TTS Nenek Moyang Bangsa Indonesia

TTS Macam-macam Bentuk Bangun Ruang

TTS Tindakan, Motif dan Prinsip Ekonomi